Tumbuh kembang Si Kecil kerap kali menjadi perhatian khusus bagi Moms seiring bertambahnya usia. Moms mungkin pernah merasa khawatir saat melihat teman-teman sebaya si kecil sudah bisa melakukan banyak hal, seperti berjalan, atau bahkan berlari.

Sedangkan sang anak masih belajar untuk berdiri. Nah, Moms tentu tak perlu khawatir karena perkembangan anak masing-masing memiliki perbedaan. Perbedaan itu bahkan sangat dirasakan oleh pasangan artis Cynthia Lamusu dan Surya Saputra pada kedua anak kembarnya. Tatjana dan Bima memiliki tahapan perkembangan yang berbeda.

Belum lama ini, Cynthia mengunggah momen saat Bima belajar jalan sendiri dengan bantuan stimulasi berupa mainan. Padahal, Tatjana justru telah mampu berlari-lari. Cynthia pun nampaknya baru saja memeriksakan perkembangan kedua anaknya ke dokter. Hasilnya menunjukkan bahwa si kembar masuk dalam kategori normal dan baik.

Lebih lanjut, Cynthia mengatakan bahwa caranya mengajarkan Bima berjalan ternyata tidak boleh. “O iya, ada koreksi cara stimulasi yang saya jalankan selama ini, ternyata anak tidak boleh ditatah pada saat belajar jalan (dipegang tangannya sambil jalan),” tulis Cynthia.

“Paling baik memakai alat bantu (contoh seperti di video ini) yang anaknya bisa dorong-dorong sendiri (hehehehe padahal Tatjana sempat belajar belajar sambil ditatah juga.

Selain itu, untuk stimulasi yang lain, sebisa mungkin ajak anak bermain dengan level berdiri, jangan duduk (jadi sesuai umurnya). Main duduk itu untuk anak 7-9 bulan. Sembilan bulan ke atas sebaiknya bermain sambil berdiri. Bisa pakai meja, mainannya taruh di atas meja.

Ini bisa sekaligus melatih kekuatan kaki anak juga pada saat berdiri. Jadi, dua hal itu yang sekarang sedang saya praktikan untuk Bima dalam proses dia berjalan. Semoga bermanfaat infonya,” tambah Cynthia dalam keterangan fotonya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *