Tulang tak hanya menjadi kerangka tubuh, tapi tulang dan otot-otot bekerja membantu kita bergerak dan melakukan segalanya. Saat masih kecil, tubuh dan tulang masih tumbuh. Untuk itulah orang tua perlu memastikan tulang anak-anak mendapatkan semua yang mereka butuhkan agar kuat dan sehat.

Dr.Christian Jessen, seorang dokter dari Inggris dalam bukunya Dr Christian’s Guide to Dealing With The Tricky Stuff berbagi tips agar anak-anak memiliki tulang yang sehat dan kuat.

  1. Makan dengan benar
    Makanan dan minuman seperti susu, keju, yoghurt, sayuran berdaun gelap, kacang-kacangan, dan ikan kaleng menjadi sumber kalsium yang baik. Ini merupakan mineral yang dibutuhkan tulang agar tetap sehat.
    “Coba minum air putih dan hindari minuman bersoda, yang bisa membuat tubuh lebih sulit menyerap kalsium,” kata Jessen.
  2. Paparan sinar matahari
    Jessen bilang, tubuh membutuhkan vitamin D dari sinar matahari yang dibutuhkan tulang untuk menggunakan kalsium dari makanan. Pastikan anak-anak terkena sinar matahari 15 menit setiap harinya, Bun.
  3. Growing pain
    Pernahkah anak-anak merasa kakinya sakit seperti pegal-pegal di malam hari? Jika iya, mungkin ini karena growing pain. Kondisi ini terjadi karena tulang tumbuh lebih cepat ketimbang otot, sehingga terasa sakit ketika meregang. Rasa sakit ini normal dan biasanya tak membutuhkan perawatan.
  4. Olahraga
    Para ahli merekomendasikan setidaknya anak olahraga satu jam sehari. Olahraganya bisa apa saja. Misal bersepeda, berjalan, berlari, atau bermain frisbee. Olahraga semacam itu bisa memperkuat tulang.
    “Lalu coba mempertahankan berat badan yang sehat. Sebab, kelebihan atau kekurangan berat badan dapat memengaruhi kesehatan tulang ketika usia menua,” tutur Jessen.

Beberapa waktu lalu, drg.Kartini Rustandi, M.Kes dari Kementerian Kesehatan RI mengatakan anak-anak sebaiknya melakukan aktivitas fisik setidaknya 60 menit sehari. Kalau anak makan dengan gizi cukup, tapi tidak banyak melakukan fisik, kalsium dan vitamin D yang diasup tidak akan berfungsi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *