Pertumbuhan dan perkembangan buah hati menjadi perhatian orang tua. Pertumbuhan merupakan salah satu bagian dari proses perkembangan, karena proses pertumbuhan individu mengikuti proses perkembangan.

Setiap anak tidak akan bisa melewati satu tahap perkembangan sebelum ia melewati tahapan sebelumnya.Menurutnya, proses tumbuh kembang tiap anak harus berjalan optimal dan tidak lepas dari tiga kebutuhan dasar yaitu Asuh, Asih dan Asah.

Setiap pertumbuhan anak disertai dengan perubahan fungsi. Misalnya perkembangan intelegensia pada seorang anak akan menyertai pertumbuhan otak dan serabut saraf. Pertumbuhan dan perkembangan pada tahap awal menentukan perkembangan anak selanjutnya.

Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Puri Indah, Dr. Jeanne-Roos Tikoalu, Sp.A, IBCLC mengatakan pertumbuhan dan perkembangan anak bukan hal yang sama.

“Kita harus membedakan antara pertumbuhan dan perkembangan anak. Pertumbuhan lebih bekaitan dengan perubahan jumlah, ukuran, dan dimensi sel atau organ yang berdampak pada aspek fisis. Sedangkan perkembangan lebih menitikberatkan pada aspek perubahan bentuk/ fungsi pematangan organ termasuk perubahan aspek sosial dan emosional karena pengaruh lingkungan,” ungkap Dr. Jeanne, seperti ditulis Senin (8/7/2013).

Berikut lebih jelas mengenai pengertian tiga kebutuhan dasar anak, yaitu :

  1. ASUH (Kebutuhan Biomedis)

Menyangkut asupan gizi anak selama dalam kandungan dan sesudahnya, kebutuhan akan tempat tinggal, pakaian yang layak dan aman, perawatan kesehatan dini berupa imunisasi dan intervensi dini akan timbulnya gejala penyakit.

“Fisis biomedis atau ‘ASUH’ yang meliputi nutrisi dengan gizi seimbang, perawatan kesehatan dasar, sandang, pangan, dan papan, dan sebagainya,” kata Dr. Jeanne.

  1. ASIH (Kebutuhan emosianal)

Penting menimbulkan rasa aman (emotional security) dengan kontak fisik dan psikis sedini mungkin dengan ibu. Kebutuhan anak akan kasih sayang, diperhatikan dan dihargai, pengalaman baru, pujian, tanggung jawab untuk kemandirian sangatlah penting untuk diberikan.

“Kebutuhan emosi dan kasih sayang atau ‘ASIH’ seperti hubungan yang erat dan rasa saling percaya antara orang tua dengan anak, dan kebutuhan stimulasi mental-bermain-latihan,” jelas dokter anak ini.

  1. ASAH ( kebutuhan akan stimulasi mental dini)

Cikal bakal proses pembelajaran, pendidikan dan pelatihan yang diberikan sedini dan sesuai mungkin.Terutama pada usia 4 – 5 tahun pertama ( golden year) sehingga akan terwujud etika, kepribadian yang baik, kecerdasan, kemandirian, keterampilan dan produktivitas yang baik.

“‘ASAH’ yang dapat meningkatkan perkembangan mental psikososial anak, seperti kecerdasan, kreativitas, kepribadian, moral dan etika,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *