Sebagai orangtua, Mama pasti mengharapkan segala yang terbaik untuk proses tumbuh kembang Si Kecil. Namun, di atas segalanya, Mama pasti sangat mendambakan Si Kecil bertumbuh menjadi pribadi yang baik hati.

Tentu, hal tersebut sangat mungkin diupayakan. Selain menunjukkan contoh yang nyata dalam kehidupan Mama sehari-hari, Mama juga bisa melakukannya dengan mengandalkan 7 aktivitas seru dan menggemaskan di bawah ini.

  1. Ajak Si Kecil untuk mendonasikan barang kepunyaannya
    Di atas segalanya, kita tentu memahami betul bahwa kebaikan hati terwujud dari sikap seseorang yang rela berbagi kepada sesama manusia. Hal ini turut berlaku bagi Si Kecil di mana kebiasan berbagi tersebut wajib dibangun sejak dini. Maka dari itu, di usianya yang masih kecil, Mama sebaiknya mengajak anak mama tercinta untuk mendonasikan beberapa barangnya kepunyaannya. Untuk menanamkan nilai ketulusan, jelaskanlah tujuan dari aktivitas tersebut ya, Ma.
  2. Tulis surat yang mengapresiasi orang lain
    Kebaikan hati seseorang tentu saja tidak luput dari sikap yang menghargai atau mengapresiasi orang lain, di mana hal ini menjadi bukti nilai simpat dan empati yang bermaksud untuk menciptakan perasaan bahagia di hati orang lain. Untuk itu, Mama dianjurkan untuk membangun nilai positif tersebut dengan aktivitas seru seperti menulis surat yang isinya mengapresiasi orang lain. Hal ini bisa ditujukkan untuk anggota keluarga atau teman-temannya. Dengan cara ini, orientasi pikiran anak mama akan diarahkan untuk fokus pada sisi positif orang lain tanpa peduli dengan hal-hal negatif, sehingga anak mama dapat cukup berbaik hati untuk menghargai sesama secara tulus.
  3. Waktunya memberi pujian satu sama lain
    Tidak jauh berbeda dari menulis surat yang mengapresiasi orang lain, anak mama tercinta juga bisa melakukan permainan seru bersama Mama untuk memberi pujian satu sama lain secara verbal atau lisan. Hal ini akan meningkatkan keberanian Si Kecil untuk mengucapkan kata-kata yang positif lewat orientasi pikirannya yang baik. Dengan mendorong Si Kecil melakukannya secara lisan, anak mama sekaligus membangun kebiasaan tersebut secara naluriah.
  4. Kirim hadiah teman keluarga
    Sebagaimana yang telah disebutkan bahwa perbuatan baik terwujud dari sikap berbagi, anak mama tentu wajib diajar untuk rela memberikan barang-barang baru sebagai hadiah di hari penting orang lain, seperti ulang tahun dan lainnya. Hal ini bisa dilakukan dengan tidak serta-merta fokus pada kegiatan “membeli barang baru”. Sebaliknya, Mama bisa mendidik anak dengan mengajaknya memberi hadiah lewat karya seninya sendiri seperti lukisan dan hal lainnya. Dari sini, anak mama akan belajar bahwa usaha memberikan hadiah kepada orang-orang terkasih di hari penting mereka haruslah berawal dari ketulusan hati di mana hal tersebut tidak dilandaskan pada materi.
  5. Ajak anak untuk membantu Mama dan Papa
    Bagaimana mungkin anak yang baik hati tidak suka membantu orang lain, bukan? Tentu, menolong sesama manusia tanpa memandang hal apapun merupakan salah satu bentuk murni dari kebaikan hati seseorang yang peduli. Untuk itu, Mama sebaiknya menghadirkan aktivitas ringan di mana Mama dan Papa melibatkan Si Kecil untuk membantu kegiatan yang Mama lakukan. Tentu, kegiatan tersebut haruslah sengaja dihadirkan dengan tingkat keamanan yang tinggi, ya!
  6. Mengunjungi panti asuhan atau panti jompo
    Dalam rangka menanamkan nilai kebaikan di hati Si Kecil sehingga anak mama tercinta akan bertumbuh menjadi pribadi yang baik, Mama tentu harus membantu Si Kecil untuk melekatkan dirinya pada perasaan simpati dan empati. Hal ini dapat diupayakan melalui aktivitas mengunjungi panti asuhan atau panti jompo di mana Si Kecil akan belajar bahwa keberadaan kita sangatlah penting untuk menolong orang-orang tak beruntung yang membutuhkan pertolongan.
  7. Merawat tanaman atau binatang peliharaan
    Mengupayakan Si Kecil bertumbuh menjadi pribadi yang baik hati nyatanya tidak hanya semata-mata mengacu pada bagaimana Si Kecil bersikap pada sesama umat manusia. Kebaikan hati juga dapat dibangun dari sikap Si Kecil terhadap tanamanan maupun binatang peliharaan. Untuk itu, Mama sebaiknya turut melibatkan Si Kecil untuk merawat tanaman atau binatang peliharaan dengan kasih sayang.

Tentu, Mama harus mengawasi aktivitas ini dan memberikan batasan yang sesuai karena merawat tanaman atau binatang peliharaan meliputi berbagai aktivitas yang memberatkan. Pilih yang ringan saja ya, Ma!

Sekarang, Mama sudah mengetahui aktivitas-aktivitas apa saja yang dapat menamamkan nilai kebaikan pada pribadi Si Kecil. Jadi, tunggu apa lagi nih, Ma? Mari kita lakukan bersama Si Kecil sekarang juga. Have fun!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *