Jika anak Anda termasuk anak nakal dan susah diatur, tentunya Anda sering kewalahan dan habis kesabaran dibuatnya. Namun Anda jangan kesal dulu. Si kecil tidak serta-merta menjadi nakal sedari lahir, namun ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya, seperti faktor lingkungan sekitar yang memicu anak menjadi nakal dan sulit diatur.

Mungkin beberapa kali Anda melihat si kecil menjadi anak manis yang menuruti segala perkataan Anda. Namun Anda pasti terkejut apabila tiba-tiba anak menjadi nakal, pembangkang, agresif, dan sulit diatur. Sebagai orang tua, Anda tak perlu menyikapinya dengan marah-marah dan membentaknya.

Cobalah telusuri ingatan Anda kembali, apa yang telah Anda lakukan sehingga sikap anak berubah menjadi demikian. Nah, perlu diketahui bahwa ada beberapa hal yang dapat menyebabkan anak menjadi nakal, yaitu:

Anak-anak biasanya menggunakan aksi atau perbuatan untuk menunjukkan perasaannya karena ia belum bisa mengungkapkannya dengan kata-kata. Tak jarang, cara yang dipilih anak untuk menyampaikannya seolah terlihat seperti anak nakal, seperti mengamuk, menjerit atau memukul agar diperhatikan.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memberinya perhatian meski hanya walau sedang sibuk. Bicara padanya dan beri pengertian bahwa Anda sedang tidak bisa menemaninya bermain. Mintalah untuk bersabar menunggu hingga Anda selesai atau memberinya alternatif lain seperti bermain bersama kakak atau nenek.

Lingkungan keluarga yang tidak harmonis
Faktor lingkungan keluarga yang tidak harmonis ini sering kali menjadi penyebab anak menjadi nakal. Orang tua yang sering bertengkar atau melakukan kekerasan dalam rumah tangga menjadi contoh yang buruk bagi si kecil. Ia cenderung akan menirukan apa yang dilakukan orang tuanya. Hal ini terjadi karena anak pada usia dini, anak sedang mempelajari sikap dengan cara melihat orang lain. Pastinya ini akan memberikan pengaruh yang buruk bagi perkembangan emosionalnya.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang baik, patuh dan tidak nakal, maka berikan contoh yang baik baginya. Perlakukan orang lain dengan baik, menggunakan kata-kata yang sopan dan tidak kasar dengan harapan si kecil dapat menyerapnya dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, jauhkan anak dari acara TV dan film yang mengandung kekerasan, tayangan yang bertema kriminalitas, dan lingkungan yang buruk. Pilihlah tayangan yang baik, misalnya mengandung nilai-nilai moral dan pendidikan yang biasanya terdapat pada program khusus anak.

Mendapat tekanan dari orang tua
Anak sering kali melanggar aturan karena ia mendapatkan tekanan dari orang tuanya, seperti memaksanya untuk makan, belajar, mandi dan lain sebagainya. Hal ini membuatnya menjadi merasa dipaksa dan ingin bebas dengan cara bertindak semaunya seperti melemparkan barang atau berteriak.

Mengajari anak untuk bersikap disiplin memang sangat penting dengan membuat peraturan yang tegas untuk si kecil. Semacam jadwal yang harus ia patuhi sehari-hari. Kemudian berikan hadiah jika anak sudah melakukannya. Misalnya, setiap pukul 5 sore, si kecil harus mandi. Setelah mandi, ia boleh menyaksikan film kartun kesukaannya.

Orang tua tak memenuhi kebutuhannya
Apakah Anda menyadari saat si kecil merasa lapar, lelah atau sakit, terkadang sikap anak menjadi nakal dan rewel? Untuk menghindari hal tersebut, ajari anak untuk mengutarakan apa yang ia rasakan atau bertanya pada si kecil kebutuhan apa yang belum terpenuhi.

Orang tua terlalu memanjakannya
Menuruti keinginan si kecil memang tidak salah apabila dilakukan sesekali untuk membuatnya merasa senang. Namun jika dilakukan secara terus menerus, maka hal ini akan menjadi kebiasaan baginya. Anak akan mulai berpikir bahwa apapun yang ia minta, pasti akan diberikan oleh orang tuanya.

Sehingga pada saat orang tua tidak memberikan apa yang ia inginkan, maka si kecil akan menangis dan merengek hingga terpenuhi apa yang diinginkannya. Maka dari itu, penting untuk memberinya pemahaman tentang apa yang yang penting untuk dibeli dan yang tidak perlu dibeli.

Tak jarang, orang tua akan langsung memarahi si kecil saat ia nakal dan susah diatur. Namun tanpa disadari, ternyata apa yang dilakukan oleh orang tua dapat membuatnya menjadi bandel, pembangkang dan tidak menurut. Maka dari itu, biasakan untuk bersikap baik kepada semua orang agar anak ikut mencontoh perilaku Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *