Kebiasaan orang tua terlalu menyerahkan anaknya begitu saja di sekolah. Percaya bahwa di sekolah dia baik-baik saja. Padahal, orang tua kadang tidak tahu apa saja yang anak lakukan di sekolah. Pernahkah Bunda menghadapi anak yang malas ketika disuruh sekolah? Nah, 9 tips ini akan membantu Bunda mengatasi anak yang malas ke sekolah.

Mungkin kadang orang tua kesal saat tidak berhasil membujuk anaknya untuk pergi ke sekolah. Tetapi baiknya, sebelum menuduh yang macam-macam pada anak, Bunda harus mencari tahu dulu apa penyebab anak bersikap demikian. Menurut Marjory Phillips, seorang psikolog klinis di Lembaga Pengembangan Anak di Toronto, meskipun orang tua kadang frustasi menghadapi anak yang malas sekolah, tetapi orang tua harus tetap tenang dan berempati pada anak.

“Jangan katakan, ‘ayo kita pergi, saya akan terlambat bekerja’ karena itu hanya membuat anak semakin tidak nyaman. Sebaiknya katakan ‘sepertinya kamu kelihatan ada masalah pagi ini, ada yang salah di sekolah?” tutur Marjory seperti dilansir today’s parent.

Dilansir psychology today, ini 9 tips mengatasi anak yang malas ke sekolah. Semoga bisa membantu ya, Bun.

  1. Periksa fisiknya
    Jika anak mengeluh gejala fisik, Bunda bisa membawanya ke dokter untuk diperiksa. Ini guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Daripada Bunda terus berasumsi lebih baik bertindak cepat, agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.
  2. Bicara dengan anak secara baik-baik
    Bicarakan tentang apa yang mengganggunya, serta bujuk ia untuk mau kembali ke sekolah. Namun, ingatlah bahwa beberapa anak tidak dapat menggambarkan apa yang mengganggu mereka. Jangan paksa percakapan jika tidak ada hasil. Pesan yang paling penting untuk disampaikan adalah Bunda yakin anak dapat mengatasi masalah ini, dan ada untuk membantu melewatinya.
  3. Jangan memberi kuliah
    Hindari diskusi panjang dan perdebatan tentang pentingnya pergi ke sekolah. Memberi kuliah tidak akan ada gunanya, itu malah memperburuk keadaan. Semua perhatian apalagi perhatian negatif tidak akan membuat masalah selesai.
  4. Coba jadi detektif
    Cari penyebab ketika anak mengeluh sakit dan tidak ingin ke sekolah. Apakah dia sakit perut atau kepala? Apakah anak sedang banyak hal yang dikeluhkan? Bersikaplah objektif dan coba jadi detektif. Lakukan ini dengan cara yang baik dan tidak menuduh. Carilah petunjuk apa yang menyebabkan anak menghindari sekolah.
  5. Temui guru di sekolah
    Orang tua harus bertemu dengan guru atau konselor sekolah, apalagi jika masalah sudah cukup besar. Ini juga bertujuan untuk memperlihatkan pada sekolah bahwa orang tua terlibat dan berkomitmen untuk menyelesaikan masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *