Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Rita Pranawati mengatakan Ramadhan merupakan saat yang tepat untuk meningkatkan kelekatan orang tua dengan anak. Caranya adalah melalui kegiatan-kegiatan positif selama berpuasa.

“Saat sahur dan menunggu waktu berbuka merupakan waktu-waktu kebersamaan keluarga yang jarang terjadi,” kata Rita di Jakarta, Jumat (10/5).

Rita mengatakan saat Ramadhan biasanya keluarga lebih banyak makan bersama dibandingkan bulan-bulan lain karena waktunya bersamaan saat sahur dan berbuka. Ketika makan bersama itulah orang tua dapat mengobrol bersama anak tentang hal yang selama ini jarang dibicarakan bersama.

Orang tua juga perlu kreatif membuat kegiatan-kegiatan yang baik saat menunggu waktu berbuka puasa. Menurut Rita, orang tua jangan membiarkan anak asyik bermain sendiri menggunakan gawai.

“Isi waktu menunggu berbuka puasa dengan kegiatan-kegiatan menarik yang dilakukan orang tua bersama dengan anak-anak. Jenis kegiatannya bisa disesuaikan dengan usia anak,” tuturnya.

Selain waktu sahur dan berbuka, ibadah bersama juga dapat meningkatkan kelekatan orang tua dan anak. Apalagi, Ramadhan merupakan waktu-waktu yang baik untuk meningkatkan kualitas ibadah keluarga.

“Yang saya lihat, anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu saat berpuasa dengan memainkan gawainya. Seharusnya orang tua bisa lebih banyak melakukan kegiatan-kegiatan baik bersama anak,” katanya.

Ramadhan ini juga bisa dijadikan momentum untuk mendidik anak-anaknya agar disiplin serta peka terhadap sosial. Saat berkumpul, setiap anggota keluarga juga bisa saling memaafkan.

“Jika terjadi ketidakcocokan atau kekhilafan bisa langsung saling memaafkan. Walaupun antar keluarga sering terjadi ketidakcocokan. Pada saat Ramadhan kita hilangkan itu semua,” katanya.

kebiasaan berkumpul dengan keluarga di bulan Ramadhan ini juga bisa diterapkan di bulan-bulan lainnya. Karena, setiap keluarga pasti ingin harmonis dan keharmonisan itu bisa muncul ketika sering berkumpul.

“Itu merupakan pelajaran yang penting. Sehinga itu bukan hanya dilakukan di bulan Ramadhan tapi juga setelah Ramadhan dipertahankan,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *