Bulan suci Ramadhan hadir dan Anda bisa mengajak anak ikut puasa. Tentu saja, ajaklah dengan mempertimbangkan kondisi dan kemampuan anak. Mulai berpuasa setengah hari dulu, misalnya?

Psikolog Anak Sani B Hermawan, sesperti yang dikutip dari laman Sahabat Keluarga Kemdikbud mengungkap, cara paling bagus untuk ajari anak puasa adalah dengan cara memperkenalkannya.

Pelajaran apa saja yang anak dapat dari puasa? Berikut ulasannya:

  1. Pendidikan agama
    Menjadi momen tepat untuk mengenalkan tentang kepercayaan yang dianut dan kebiasaan-kebiasaan yang mengikutinya, salah satunya adalah puasa. ”Bahwa umat Islam menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadan, setelah itu lebaran. Perkenalan itu memiliki manfaat, anak sudah familiar tentang puasa,” jelas Sani. Bukan cuma puasa, selama bulan Ramadhan, anak juga jadi mengenal salat berjamaah, mengaji bersama dan hafalan doa.
  2. .Melatih anak lebih disiplin
    Dengan berpuasa, artinya ada aturan waktu untuk makan, minum, berbuat jujur dan memperbanyak perbuatan baik lainnya. Anak juga akan dilatih untuk disiplin untuk melakukan itu semua.
  3. Anak belajar tentang nilai
    Momen puasa membuat orang tua biasanya juga bercerita, bahwa dengan puasa artinya ikut merasakan lapar orang-orang yang tidak mampu. Hal ini memang bisa membuat anak jadi ikut merasakan dan menghargai sesuatu. Bagi Sani, lebih baik cerita tersebut dibarengi hal konkret agar anak tidak bingung dan pelajaran tentang nilai tidak hilang begitu saja. Caranya, orang tua bisa mengajak anak untuk bersedekah dan mengunjungi serta berbagi ke panti asuhan misalnya.
  4. Menciptakan kebersamaan dengan keluarga
    Aktivitas berbuka dan sahur bersama keluarga maka bisa menciptakan kebersamaan dari masing-masing anggota keluarga, Moms. ”Yang tadinya mungkin komunikasinya kurang, bisa terjalin dengan baik ketika sahur atau buka puasa. Yang tadinya sendiri-sendiri, jadi bareng. Dari kebersamaan itu, terbangun kedekatan, konsolidasi dengan keluarga, lebih akrab, menambah kedekatan dalam keluarga,” jelas Sani.
  5. Membuat tubuh sehat
    Selain menceritakan cerita sosial, sampaikan juga bahwa dengan puasa membuat tubuh kita jadi sehat! Sebab, berpuasa membuat tubuh membuang racun serta membersihkan alat pencernaan (detoksifikasi).
  6. Kreatif
    Mengendalikan emosi jadi salah satu hal penting dari puasa. Alih-alih segera ambil minum agar haus hilang, Anda bisa membantu anak untuk mengalihkan perhatian mereka dengan cara-cara kreatif ”Kalau tidak dibantu orang tua, anak agak sulit mengendalikan hal itu,” ujar Sani. Misalnya, Anda bisa ajak ia bermain permainan seru, tanpa membuatnya semakin haus atau menceritakan dongeng.

Sumber artikel dan Photo : kumparan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *