Orang Tua mana yang tidak ingin memberikan kasih sayang kepada anaknya. Namun, memberikan kasih sayang pada anak dengan terlalu memanjakannya, justru akan memberikan dampak yang negatif bagi kepribadian maupun kehidupan anak di masa mendatang.

Berikut ini ulasan dampak negatif dari terlalu memanjakan anak yang wajib diketahui semua orang tua.

  1. Tidak bisa mandiri
    Dampak negatif pertama jika terlalu memanjakan anak adalah tidak bisa mandiri. Anak yang selalu dibantu orang tuanya dalam melakukan berbagai hal, akan cenderung menjadi tidak mandiri dan terus bergantung pada orang lain. Apalagi jika orang tuanya memanjakannya dari waktu ia masih sangat kecil, maka akan tertanam dalam pikirannya bahwa dia tidak bisa melakukan berbagai hal lainnya, tanpa dibantu orang tuanya atau orang lain yang memiliki kedekatan secara emosional dengannya.
  2. Tidak kreatif
    Terlalu memanjakan anak juga bisa membuat anak menjadi tidak kreatif, lo. Anak yang terlalu dimanja umumnya telah terbiasa dengan zona nyaman, sehingga mereka enggan atau malas mencoba untuk melakukan sesuatu hal-hal baru yang tidak pernah mereka lakukan sebelumnya. Mereka berpikiran bahwa jika kemudahan akan tetap bisa mereka dapatkan, tanpa harus kesulitan untuk mendapatkannya karena orang tua mereka yang akan menyelesaikan semuanya.
  3. Mudah menyerah saat mengalami kegagalan
    Dengan terbiasanya berada di zona nyaman, membuat anak tidak memiliki daya juang yang tinggi untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Mereka sudah terbiasa bergantung dengan orang tuanya untuk menyelesaikan sesuatu, sehingga tanpa bantuan dari orang tuanya maupun orang lain. Mereka memiliki keyakinan bahwa diri mereka tidak mampu mengatasi permasalahan yang ada dan menjadi pribadi yang mudah menyerah saat mengalami kegagalan.
  4. Menjadi anak yang pemberontak jika keinginannya tidak terpenuhi
    Anak yang terbiasa dimanjakan orang tuanya cenderung suka melawan orang tuanya jika tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan. Mereka akan memberontak hingga keinginannya dapat dipenuhi oleh orang tuanya seperti biasanya. Oleh sebab itu, jangan biasakan untuk menuruti semua keinginan anak dan beri pengertian pada mereka bahwa tidak semua yang mereka inginkan dapat anda penuhi karena sebab materi, atau alasan lainnya.
  5. Sikap manja dan kurang bertanggung jawab akan terbawa hingga dewasa
    Nah, ini dia salah satu dampak negatif terbesar yang akan didapat anak jika terlalu dimanjakan oleh orang tuanya yaitu sikap manja dan kurang bertanggung jawab akan terbawa hingga dewasa. Karakter yang telah terbentuk pada anak saat masih kecil, umumnya akan tetap melekat pada diri sang anak, meski ia telah tumbuh dewasa. Dengan begitu, sikap manja dan kurang bertanggung jawab yang dimiliki anak sejak kecil akibat terlalu dimanjakan oleh orang tuanya, akan terbawa sampai ia tumbuh menjadi orang dewasa. Tentu hal tersebut akan berdampak tidak baik pada masa depannya nanti.

Itulah ulasan dampak negatif terlalu memanjakan anak. Manjakan anak anda dengan cara yang bijak, karena memanjakan anak tanpa disertai dengan cara yang bijak hanya akan menjadi bumerang bagi kehidupan anak anda di masa mendatang.

Sumber artikel dan photo : idntimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *