Sebagian orang tua pasti senang bila melihat buah hatinya tumbuh dan berkembang dengan optimal? Salah satunya ditandai dengan tinggi badan yang terus bertambah sesuai tahap usia.

Namun, tak sedikit para orangtua di Indonesia yang harap-harap cemas melihat pertumbuhan anak. Terutama jika dalam keluarga mewarisi gen yang cenderung berpostur pendek.

Para ahli mengatakan bahwa genetika memang berperan dalam pertumbuhan individu. Tapi bukan berarti jika orangtua pendek, anak pun pasti demikian. Dikutip dari laman Zen Parent, faktor gaya hidup juga berkontribusi besar dalam meningkatkan tinggi badan anak di masa praremaja. Coba ikuti beberapa langkah sederhana ini untuk membantu anak tumbuh sesuai potensi tinggi badan maksimalnya.

Makan yang Benar
Kebiasaan makan yang sehat berkontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan yang sehat. Sertakan karbohidrat dalam menu harian anak. Kalori yang didapat akan memberi energi yang cukup bagi tubuh untuk tumbuh. Karbohidrat juga merupakan nutrisi bahan bakar untuk otak.

Bekal anak sekolah.
Selain karbohidrat, lengkapi dengan asupan kalsium yang membantu mendorong pertumbuhan tulang. Asupan sumber kalsium terbaik, yaitu susu dan sayuran hijau seperti brokoli.

Jangan remehkan sinar matahari
Dorong anak untuk menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari untuk mendapatkan banyak vitamin D. Makan ikan, alfalfa, atau jamur juga membantu, karena mereka adalah sumber vitamin D yang baik. Vitamin D dikenal meningkatkan pertumbuhan tulang dan otot pada anak-anak. Defisiensi vitamin D telah terbukti menghambat pertumbuhan dan menyebabkan kenaikan berat badan pada remaja perempuan.

Utamakan protein
Protein mutlak disertakan dalam menu makanan anak untuk membantu tumbuh maksimal. Sumber protein yang baik antara lain, kacang-kacangan, telur, tahu, daging, dan ikan.

Jangan abaikan zinc
Studi mengungkapkan bahwa defisiensi zinc (seng) dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat pada anak-anak. Untuk memenuhi kebutuhan zinc pada tubuh, dapat memberi asupan multivitamin, atau makanan seperti lobster, kepiting, daging, gandum, dan tiram.

Vitamin C tingkatkan kekebalan tubuh
Stok dapur Anda dengan buah jeruk yang kaya vitamin C. Mengapa ini penting? Vitamin C berfungsi membentuk sistem kekebalan tubuh anak sehingga tak mudah terserang penyakit. Tumbuh kembang akan terhambat jika anak sakit.

Sumber Photo : tempo.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *