Membuat senyuman di wajah si kecil, selalu berhasil menjadi obat paling ampuh untuk menghilangkan lelah setelah seharian bekerja. Rupanya efek dari senyum begitu dahsyatnya.

Sampai-sampai seorang psikolog di Universitas Michigan, AS, Dr. Robert Zajone mempelajarinya secara khusus. Menurutnya, menggerakkan otot wajah entah itu mengendurkan atau mengencangkan, membuat temperatur darah yang menuju ke otak berubah naik atau turun. Perubahan suhu darah yang menuju ke otak ini berefek pada kerja pusat otak (hipotalamus) yang mengontrol emosi. Intinya ada hubungan antara ekspresi dan emosi. Maka tak heran jika melihat senyum si upik, segala rasa capek bisa hilang dengan sekejab.

Banyak hal dilakukan orang tua, untuk menjaga senyuman dan kebahagian si kecil. Bahka terkadang, sebagai orang tua kita bahkan rela mengeluarkan uang dengan jumlah yang tidak sedikit untuk memberikan berbagai hal kepada si kecil demi menyenangkan hatinya.

Namun, apa hal yang sebenarnya paling diinginkan oleh si kecil? Mari simak sepuluh hal yang paling diinginkan si kecil dalam artikel ini agar anak kita tumbuh dalam lingkungan yang penuh kehangatan.

  1. Penuhi Kebutuhan Hariannya
    Mengetahui adanya orang-orang yang mencintai dan selalu siap memenuhi kebutuhan mereka merupakan sebuah rasa yang sangat penting bayi dan anak-anak. Bagi anak-anak, beberapa menit saja dapat terasa sangat lama saat mereka merasa lapar atau sedih. Semakin cepat Anda memenuhi kebutuhan atau menenangkan mereka, semakin terjaga perasaan aman mereka tiap kali bersama Anda.
  2. Rasa Aman dan Terlindungi
    Saat bayi atau anak-anak merasa aman dan terlindungi, mereka akan mulai belajar untuk mempercayai orang di sekitarnya. Bila anak tidak merasa aman, ia akan gelisah dan tidak bahagia. Keadaan ini dapat mempengaruhi kesehatan dan proses belajar mereka. Hadirkan rasa aman dalam benak mereka dengan selalu penuhi kebutuhan mereka dan tunjukan kasih sayang kita
  3. Cinta dan Pelukan
    Pelukan dan kedekatan kita menciptakan rasa aman dan nyaman dalam benak si kecil. Menggandengnya, menggendongnya, mendudukkannya di pangkuan, mencium, dan memeluknya merupakan cara yang baik untuk menunjukan kasih sayang Anda.
  4. Banyak Pujian
    Buah hati Anda selalu ingin menyenangkan Anda. Pujian Anda saat ia melakukan suatu hal dengan baik, atau saat ia berusaha dengan keras melakukannya, akan membuat si kecil ingin melakukan lagi dengan baik hal lainnya. Pujian Anda akan membuat si kecil selalu ingin melakukan segalanya dengan baik. Hal ini juga menciptakan rasa nyaman atas diri mereka sendiri. Perasaan nyaman tersebut akan membuat mereka lebih mudah mempelajari hal baru, lebih berusaha dalam mencapai sesuatu, terhindar dari permasalahan, lebih mudah berkomunikasi dengan sekitar, lebih mudah berteman, dan merasa lebih bahagia dan aman.
  5. Senyuman
    Jangan sungkan untuk seringkali tersenyum di hadapan bayi Anda, maka tersenyum adalah hal pertama yang akan ia pelajari untuk dilakukan. Tersenyum adalah cara termudah untuk membuat bayi merasa bahagia dan nyaman. Bagi sang bayi, senyuman Anda memiliki arti, Anda mencintainya, Anda menikmati kehadirannya, Anda memperhatikannya, Anda merasa bahagia, dan Anda adalah seseorang yang menyenangkan.
  6. Diajak BerbicaraBernyanyi untuk si kecil ataupun mengajaknya berbicara semenjak dini merupakan hal yang sangat baik untuk dilakukan. Suara lembut Anda akan membuatnya merasa santai dan terlindungi. Semakin sering Anda mengajak bayi Anda berbicara, semakin awal ia akan mulai belajar mengenal kata-kata. Hal ini akan sangat membantunya untuk berkomunikasi dan mengenal berbagai hal di sekitarnya.
  7. DidengarkanSemakin besar, anak akan semakin mahir menggunakan kata-kata yang dipelajarinya. Ia akan mulai sering bertanya mengenai segala hal. Dengarkan dan jawablah pertanyaan si kecil sebaik mungkin. Hal ini dapat menumbuhkan rasa senang untuk mempelajari hal baru dalam dirinya. Mendengarkannya juga merupakan salah satu cara menunjukkan bahwa Anda memperhatikannya.
  8. Belajar Hal Baru
    Tak perlu mainan mewah untuk memperkenalkan pengalaman baru kepada anak. Manfaatkan benda di sekitar kita. Ajaklah si kecil untuk jalan-jalan di taman ataupun keliling kompleks perumahan kita. Ajak dia untuk mengumpulkan batu berbentuk unik, atau memperhatikan pola tingkah kupu-kupu yang warnanya menarik di taman. Selain itu, anak juga butuh untuk bersosialisasi dengan orang selain orang tuanya. Biasakan ia bertemu dengan orang baru dan bermain dengan teman sebayanya.
  9. Menjaga Perasaannya
    Seringkali, menemukan kata yang tepat untuk mengomunikasikan yang ia rasakan bukanlah perkara mudah bagi si kecil. Bayi dan anak-anak dapat dengan mudahnya takut akan sesuatu yang baru dan berbeda. Anak mungkin saja takut terhadap badut, suara Guntur yang mengagetkan, ataupun orang asing. Sebagai orang dewasa, mungkin kita tidak bisa menahan tawa melihat kejadian ini. Namun, cobalah untuk tidak menertawakannya karena yang diinginkan si kecil dari Anda adalah menenangkannya dan memberinya penjelasan sederhana atas hal yang ditakutinya tersebut. Hal ini dapat menumbuhkan perasaan aman dalam dirinya dan perasaan nyaman untuk berbicara pada Anda tiap kali ia merasa menemukan masalah serius
  10. Penghargaan dan Perlakuan Spesial
    Semua orang tua ingin anaknya bersikap baik. Bila Anda memberi perhatian tiap kali anak melakukan hal baik, mereka akan terangsang untuk lebih sering melakukannya, begitu pun sebaliknya. Perhatian dan waktu Anda adalah penghargaan terbaik bagi segala hal baik yang dilakukan si kecil. Menyediakan waktu untuk bermain dan bersenang-senang dengan buah hati tidak selalu membutuhkan dana besar. Pergi piknik, jalan-jalan di taman kota, ataupun pantai bisa sangat menyenangkan untuk si kecil bila ditemani oleh Anda dan pasangan yang sangat menyayanginya.

Nah bagaimana? Cukup menarik untuk mengetahui hal yang sebenarnya paling diinginkan oleh buah hati Anda. Namun lebih sederhana lagi, kini Anda dapat melihat senyuman si kecil dengan memberinya mainan yang tepat, aman, dan menyenangkan, seperti serunya membangun imajinasi si kecil bersama morphun.

Ngga percaya? ini buktinya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *