Membiasakan anak makan sehat sejak kecil sangat baik untuk tumbuh kembangnya. Tak hanya membuat pertumbuhannya optimal, risiko anak terserang penyakit kronis ketika dewasa juga bisa menurun. Sebagai awalan untuk menanamkan kebiasaan anak ini, tentu Anda harus pintar dalam memilih berbagai macam makanan sehat. Jika ingin kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan baik, pahami seputar makanan bergizi untuk anak yang sebaiknya tersaji di menu hariannya.

Kenapa memberikan makanan bergizi untuk anak itu penting?

anak belajar makan
Tanpa disadari, kesibukan dalam bekerja atau beraktivitas setiap harinya kadang membuat orangtua kurang memerhatikan pemilihan sumber makanan sehat untuk anak. Atas dasar itulah, kebanyakan anak-anak gemar sekali membeli camilan yang kurang sehat karena tidak memahami efek sampingnya.

Ambil contohnya gorengan, manisan dengan kandungan gula yang tinggi, maupun jajanan yang mengandung banyak pewarna. Ditakutkan, kebiasaan tersebut dapat terbawa hingga dewasa yang kemudian menimbulkan berbagai dampak buruk pada kesehatan.

Maka itu, bukan hanya dapat mencegah serangan penyakit, memberikan makanan bergizi untuk anak juga menawarkaan segudang manfaat seperti:

Menstabilkan persediaan energi di dalam tubuh.
Memperbaiki suasana hati (mood).
Membantu menjaga berat badan ideal.
Membantu mencegah timbulnya masalah pada kesehatan mental, seperti kecemasan, depresi, dan ADHD.
Sementara jika tidak dibiasakan untuk makan makanan bergizi sejak dini, risiko anak terserang penyakit kronis pun lebih tinggi. Mulai dari penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, hingga obesitas di kemudian hari.

Tentu tidak mau hal tersebut menimpa buah hati Anda, bukan? Jadi mulai sekarang, sebaiknya tanamkan kebiasaan makan makanan sehat untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak.

Apa saja sumber makanan sehat untuk anak?

makanan untuk mencegah kram otot
Demi mencukupi kebutuhan gizi anak di setiap jenjang usianya, bukan hanya porsi makanannya saja yang harus diperhatikan. Namun, keragaman sumber makanannya juga tidak boleh luput dari perhatian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *