Jangan hanya melihat harga saja ketika berbelanja. Banyak ibu yang cenderung melihat harga serta merek dari suatu produk makanan. Padahal, hal penting lain yang juga harus diperhatikan adalah membaca label makanan tersebut.

Ya, akan ada saatnya Anda akan membeli makanan yang telah diproses. Untuk mengetahui nilai gizi dari produk makanan tersebut, Anda bisa melihat dari nilai gizinya.

Pilihlah produk yang mengandung kadar gula, lemak jenuh, dan sodium yang rendah. Sebuah bahan makanan dapat dikatakan “baik” jika setiap porsinya mengandung 5 persen atau kurang dari kapasitas gula, lemak jenuh, atau sodium harian.

Sedangkan bahan makanan dikatakan “kurang baik” jika setiap porsinya mengandung lebih 20 persen atau lebih setiap gula, lemak jenuh, atau sodium.

Contoh menu makanan sehat untuk anak dalam sehari

kebutuhan karbohidrat anak asupan karbohidrat anak
Supaya kebutuhan gizi harian anak senantiasa terpenuhi dengan baik, begini contoh menu makanan bergizi untuk anak yang bisa Anda sontek:

Makan pagi (sarapan)

Penuhi kebutuhan energi anak di pagi hari melalui sumber makanan kaya karbohidrat, protein, serat, mineral, serta vitamin. Selain membantu kenyang lebih lama, rutin sarapan setiap hari juga membantu mencegah lonjakan berat badan berlebih.

Contoh menu sarapan seperti:
Roti tawar
Irisan tomat dan selada
Omelette
Susu
Selingan (camilan)

Porsi makanan camilan memang tidak sebanyak menu makanan utama. Namun, pemberiannya tidak kalah penting guna membantu mencukupi kebtuhan zat gizi harian yang mungkin belum terpenuhi secara optimal dari makanan utama.

Contoh camilan seperti:
Yoghurt dengan campuran buah-buahan
Makan siang

Makan siang bertugas untuk mengembalikan energi anak yang hilang setelah beraktivitas sejak pagi, sekaligus mempertahankannya sampai waktu makan malam tiba.

Usahakan menu makan siang memenuhi sekitar sepertiga jumlah energi, vitamin, serta mineral untuk anak. Contoh menu makan siang seperti:

Nasi putih
Pepes ikan mas
Tempe bacem
Tumis bayam
Selingan (camilan)

Dimsum udang
Makan malam

Setelah energi anak habis untuk beraktivitas di siang dan sore hari, isi kembali melalui asupan makan malamnya. Penuhi kebutuhan energi anak dengan menyediakan beragam sumber zat gizi makro dan mikro.

Contoh menu makan makan seperti:
Nasi putih
Oseng daging sapi dengan paprika
Sup tahu
Tumis kacang panjang
Sajian makanan harian sebenarnya bisa Anda sesuaikan kembali dengan jenis makanan favorit anak. Namun, pastikan Anda memberikan aneka ragam makanan yang berbeda setiap harinya guna memastikan kebutuhan gizinya tercukupi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *