Berbakti terhadap orang tua menjadi wajib dilakukan oleh anak dengan menerapkan akhlak atau adab yang baik. Setiap orang yang bertanggung jawab dalam keluarga atau bertanggung jawab atas tugas rumah tangga dalam kehidupan sehari-hari merupakan definisi dari orang tua.

Saat anak berinteraksi dengan kedua orang tua, anak harus memperhatikan rambu-rambu etika yang disebut adab. Berikut ini merupakan adab atau akhlak yang harus diterapkan oleh seorang anak terhadap kedua orang tua menurut ajaran Islam.

  1. Taat kepada kedua orang tua selama tidak mendurhakai Allah.
    Hukum mentaati kedua orang tua adalah wajib bagi setiap muslim. Sedangkan mendurhakai orang tua merupakan perbuatan yang diharamkan oleh Allah, kecuali jika mereka menyuruh untuk menyekutukan Allah. Ada pun cara penolakan atas perintah maksiat harus dilakukan dengan sikap yang baik dan tutur kata yang santun agar orang tua tidak tersinggung atas ucapan kita.
  2. Berbakti (birrul walidain) dan merendahkan diri di hadapan kedua orang tua.
    Birrul walidain berarti berbuat kebajikan terhadap kedua orang tua. Lawan dari birrul walidain yaitu ‘uququl walidain yang artinya mendurhakai kedua orang tua. Durhaka kepada kedua orang tua merupakan dosa besar yang dibenci oleh Allah. Jadi, kita diwajibkan untuk berbakti dan selalu tunduk kepada kedua orang tua karena rida Allah terletak pada rida orang tua, dan murka Allah terletak pada murka orang tua.
  3. Bersikap sopan, berbicara santun, dan tidak mencaci kepada kedua orang tua.
    Sikap dan perilaku yang benar kepada kedua orang tua adalah dengan tidak berkata dan tidak pula berlaku kasar, yaitu jangan sampai kita mengatakan kepada kedua orang tua perkataan yang jelek meskipun kata yang paling ringan, yakni “ah!” yang berarti desahan karena bosan atau dongkol. Begitu pula kita tidak boleh melakukan perbuatan jelek kepada kedua orang tua, sekalipun perbuatan yang paling ringan seperti mengibaskan tangan dan lain sebagainya.
  4. Berdoa demi kebaikan dan kebahagiaan kedua orang tua.
    Jasa besar kedua orang tua kepada anak tentunya tidak dapat diukur dengan materi. Salah satu cara yang dapat dilakukan anak kepada kedua orang tua adalah balas budi yakni berupa doa. Bahkan, salah satu cara berbakti kepada kedua orang tua yang telah wafat yakni dengan mendoakannya.

Itulah adab atau akhlak yang wajib diterapkan oleh setiap anak kepada kedua orang tuanya. Semoga bermanfaat. Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *