Wah, tidak terasa teman-teman muslim akan menjalankan ibadah puasa. Berpuasa berarti menahan haus dan lapar mulai waktu subuh hingga azan magrib berkumandang. Walaupun berpuasa tidak menghalangi kita untuk beraktivitas, apalagi ujian akhir semester kali ini ada di Bulan Ramadan.

Karena itu kita harus menjaga kesehatan agar tetap sehat saat menjalani ibadah puasa. Nah, Bobo punya tips puasa sehat untuk anak-anak yang bisa teman-teman ikuti selama bulan Ramadan. Tips puasa sehat untuk anak-anak ini akan membantu teman-teman untuk menjaga kondisi tubuh agar bisa berpuasa sambil beraktivitas selama sebulan penuh.

Yuk, kita cari tahu tips puasa sehat untuk anak-anak apa saja yang akan Bobo berikan!

  1. Sahur
    Tips puasa sehat untuk anak-anak pada waktu sahur adalah, kita disarankan untuk makan sahur dekat dengan waktu sholat subuh. Menu sahur juga harus diperhatikan, teman-teman. Makanan kita harus mengandung nutrisi lengkap seperti, karbohidrat, protein, lemak, dan serat. Makanan bernutrisi lengkap bisa membuat perut kita kenyang lebih lama, sehingga kita tidak mudah lapar dan lemas. Kita juga harus menghindari makanan pedas, asam, dan bersoda saat sahur.
  2. Air Putih
    Minum air putih sangat penting, teman-teman, apalagi jika kita sedang berpuasa. Cairan dalam tubuh kita berkurang karena tidak ada asupan setelah waktu sahur. Untuk itu kita harus minum air putih yang cukup. Usahakan untuk minum banyak air putih saat sahur, berbuka, dan malam hari. Hal ini adalah salah satu cara agar tubuh kita tidak banyak kehilangan cairan saat berpuasa.
  3. Buka Puasa
    Ini adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh orang yang sedang berpuasa. Saat berbuka puasa kita bisa memilih menu makanan yang bisa mengembalikan atau menambah energi kita. Seperti, kolak dan buah-buahan. Hindari makan gorengan yang terlalu banyak, karena minyak gorengan bisa membuat kita sakit tenggorokan. Sama seperti waktu makan sahur, kita juga harus menghindari makanan pedas, asam, dan bersoda.
  4. Aktivitas
    Meski puasa, kita tetap bisa melakukan aktivitas kita seperti biasa. Pergi sekolah, ke tempat kursus, dan bermain. Nah, untuk waktu bermain, teman-teman bisa melakukan permainan menyenangkan yang tidak perlu menguras banyak energi. Contohnya, bermain bersama teman di sekitar rumah, pergi ke masjid saat waktu sholat, atau sekedar jalan-jalan melihat suasana sore menjelang waktu berbuka. Kita juga tidak disarankan untuk bermain game atau gadget . Karena jika sudah bermain game dan gadget kita suka lupa waktu dan bisa-bisa meninggalkan waktu sholat.
  5. Pola Tidur
    Pola tidur juga sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh kita saat berpuasa, teman-teman. Kita harus menyesuaikan waktu tidur. Jangan tidur terlalu malam, agar kita bisa segar saat bangun sahur dan bisa makan sahur tepat waktu. Perlu diingat, kita juga tidak disarankan untuk tidur setelah sahur ataupun sholat subuh, ya! Jika teman-teman punya waktu untuk tidur siang, tidurlah secukupnya jangan terlalu lama karena bisa menyebabkan kita sakit kepala.

Pola tidur yang cukup dan baik dapat membuat kita tetap segar dan tidak mudah lemas saat menjalankan ibadah puasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *