Ketika anak nggak mau mendengarkan atau menolak melakukan apa yang diminta orang tua pastinya hati kita sedih ya, Bun. Apa sih sebab anak nggak mau mendengar perkataan orang tuanya?

Kata pendiri situs Gentleparenting, Sarah Ockwell-Smith dalam bukunya berjudul The Gentle Discipline ada hal yang bisa bikin anak nggak mau mendengarkan apa yang perkataan ayah ibunya.

“Semua terkait komunikasi. Bayangkan bos, ibu atau pasangan meminta kita melakukan sesuatu sedemikian rupa sehingga membuat diri ini merasa marah, kesal, atau bingung,” tutur Sarah.

Kata ibu empat anak ini, sebagai orang dewasa saja jika kita melihat orang lain kurang hormat dan pengertian, kita bisa saja mengabaikan permintaannya. Sarah bilang, jika lain kali ortu mendapati anaknya menolak permintaan, pertimbangkan untuk merasakan posisi mereka.

Nah, Bunda berikut tujuh alasan yang membuat anak tak mau mendengarkan perkataan orang tua:

  1. Perintah kita bukanlah prioritas mereka
    Bagi mereka, satu-satunya hal yang menjadi prioritas adalah bermain. Jangan tergesa-gesa dalam memberi perintah. Dekati anak, tatap mata dan fokuslah saat berbicara dengannya. Cara ini sangat membantu anak untuk fokus mendengarkan dan mengerti apa yang dibicarakan orangtuanya.
  2. Terbiasa diancam
    Sebagian anak baru menuruti perintah ketika orangtua sudah membentak atau mengancam. Padahal, dengan begitu anak akan selalu bergantung pada ancaman. Apabila hendak memberi
    perintah, lakukan dengan dekat dan hangat sambil menyentuh pundaknya. Pastikan fokus perhatian ada padanya.
  3. Otaknya masih berkembang
    Bagian otak yang disebut dengan frontal contex masih sedang berkembang pada usia kanak-kanak. Semasa pertumbuhannya, ia akan belajar untuk memisahkan mana prioritas dan mana
    keinginannya.
  4. Anak merasa tidak ‘terhubung’
    Kurang perhatian bisa jadi merupakan penyebab si kecil menjadi tidak patuh. Ia merasa tidak terhubung dengan keluarga karena kesibukan masing-masing. Itu artinya, Anda harus
    mempererat hubungan agar si kecil juga mau mendengar.
  5. Protes
    Secara alami, anak akan mengidolakan setiap orangtua apabila mereka mendidiknya dengan benar. Sebaliknya, anak tidak mengikuti kemauan orang tua apabila ada hal yang dirasa mengganggu psikologisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *