Setiap anak bisa mengikuti pola pikir atau pilihan orangtua ketika menentukan profesi saat dewasa. Namun bukan berarti orangtua bisa memaksakan kehendak terhadap anaknya untuk memilih jalan yang diinginkan orangtua.

Karena bagaimana pun, anak punya potensinya masing-masing yang mungkin masih tersembunyi yang justru bisa membuatnya lebih berkembang ketimbang dipaksakan. Mindset ini harus ditanamkan sejak dini bahkan sejak anak belum lahir.

Anak-anak harus diberikan kesempatan untuk mengekspresikan diri dan memilih hobi maupun kegiatan yang disukai selama itu positif karena ada alasan yang mendasarinya.

Dilansir dari businessinsider.sg, Charles MacPherson, pendiri dan presiden dari Charles MacPherson Associates mengatakan, “Akhir-akhir ini masyarakat memang lebih berani dan merasa lebih bebas untuk melakukan apa yang mereka inginkan.”

Dan ini merupakan hal bagus. karena meski sering dilihat sebagai sesuatu yang bertolak belakang dengan tradisi di Indonesia zaman dulu, namun hal ini memberikan dampak baik bagi tumbuh kembang anak zaman sekarang.

Anak-anak diajarkan bertanggung jawab terhadap pilihan dan keputusannya sendiri, belajar mengambil risiko, belajar menanam rasa kepercayaan diri dan memiliki mimpi untuk meraih sesuatu sehingga menuntun anak untuk bisa sukses lebih cepat.

Keputusan memberikan kebebasan mengekspresikan diri pada anak memang menjadi tuntutan bagi para orangtua karena hal ini bisa menjadi motivasi anak ke depannya, Moms.

Sumber artikel dan Photo : fimela.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *