Bagi beberapa orang, hari libur merupakan hari yang menyenangkan. Bagaimana tidak menyenangkan, hari libur bahkan bisa membuat seseorang untuk lebih dekat dengan keluarga.

Dan bagi orang tua yang bekerja, hari libur adalah hari baik agar mereka bisa lebih dekat dengan anak-anaknya. Untuk membuat anak-anak bertambah bahagia di hari libur, orang tua perlu melakukan aktivitas yang menyenangkan dan berkesan dengan anak-anak.

Lantas, apa saja sih aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan orang tua bersama anak di hari libur? Dikutip dari laman parents.com, berikut ulasannya.

Pergi Jalan-Jalan
Aktivitas sederhana yang bisa orang tua lakukan bersama anak-anak di hari libur adalah jalan-jalan. Yap, jalan-jalan bisa membuat anak merasa senang dan bahagia. Jalan-jalan juga akan membuat pikiran orang tua lebih fresh dan nyaman saat ia masuk kerja kembali esok hari. Jalan-jalan bisa dilakukan di taman, tempat wisata kesukaan anak atau juga di mall. So, gimana nih Bunda, sudahkah mengajak buah hati hari ini untuk jalan-jalan?

Belajar Memasak Atau Membuat Makanan Ringan
Aktivitas selanjutnya yang bisa dilakukan orang tua bersama anak untuk mengisi hari libur adalah belajar memasak atau membuat makanan ringan bersama. Selain sangat menyenangkan, aktivitas ini juga sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Belajar memasak bisa dilakukan dengan belajar masak makanan kesukaan buah hati atau makanan baru yang sehat namun tetap enak dan lezat.

Bercocok Tanam
Satu lagi aktivitas menyenangkan yang bisa dan perlu dilakukan orang tua bersama anak di hari libur adalah bercocok tanam. Hari libur adalah hari yang panjang, bercocok tanam bisa menjadi pilihan yang tepat dan bermanfaat untuk anak. Orang tua bisa mengajak anak bercocok tanam sayuran atau bunga di teras rumah. Selain sangat menyenangkan, bercocok tanam akan membuat anak lebih paham mengenai tanaman.

Bersih-Bersih Rumah
Bersih-bersih rumah mungkin akan sangat membosankan dan sangat tidak disukai oleh anak-anak. Namun begitu, orang tua perlu mengajarkan anak untuk bersih-bersih rumah dan memastikan tempat tinggalnya selalu bersih serta nyaman. Bersih-bersih rumah bisa orang tua ajarkan pada anak di hari libur. Tak perlu bersih-bersih yang berat, cukup mengajaknya menyapu, mengepel dan menata mainannya dengan rapi sudah cukup bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi orang tua dan anak di hari libur.

Berkunjung ke Rumah Kakek Atau Kerabat Lain
Saat hari libur, cobalah untuk mengajak anak pergi ke rumah kakek/nenek atau bisa juga kerabat yang rumahnya dekat. Dengan pergi ke rumah kerabat inilah, anak bisa mengenal saudara mereka. Jika kerabat kebetulan memiliki anak yang seusia dengan buah hati Anda, keduanya bahkan bisa menjadi sahabat dan teman akrab. Keduanya bisa saling belajar dan cerita mengenai keseharian mereka.

Itulah beberapa aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan oleh orang tua bersama anak di hari libur. Selain aktivitas di atas, aktivitas lain yang bisa dilakukan antara lain adalah melakukan olahraga bersama, nonton film bersama, pergi makan ke luar bersama, belanja bersama, main kartu atau catur dan berwisata ke kebun buah atau pantai. Gimana, sudah melakukan aktivitas menyenangkan apa hari ini?

Sumber artikel dan Photo : fimela.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *