Ibu adalah segalanya bagi anak. Tak heran jika segala yang ibu lakukan akan selalu mereka ingat. Nah, beberapa hal kecil yang dilakukan ibu ini, bisa sangat berarti saat anak sudah dewasa. Hal apa saja itu?

Membiarkan anak gonta-ganti kegiatan
Secara tidak langsung, hal kecil ini mengajari anak bahwa tidak masalah untuk mengubah pikiran dan gonta-ganti kegiatan yang disuka karena baik ibu atau sang anak, tidak pernah tahu apa yang menunggu di masa depan.

Menasihati: berhenti bukan berarti gagal
Terkadang, beberapa hal tidak berjalan seperti yang diinginkan dan saat ibu tidak memermasalahkan anak yang ingin berhenti mengerjakan sesuatu, maka itu bisa sangat berarti bagi mereka. Berhenti dari sesuatu yang tidak membuat orang bahagia bukanlah kegagalan.

Membebaskan anak dengan pilihannya
Anak ingin sekolah di mana, les di mana, atau ikut kegiatan apa, ibu yang selalu mendukung anaknya selama itu masih positif, akan terus diingat oleh anak hingga mereka dewasa. Dengan kebebasan yang dimilikinya, anak menjadi lebih bertanggung jawab.

Memperlakukan teman anak seperti anak sendiri
Meski sepertinya sepele, tetapi sikap ibu yang memperlakukan teman anak seperti anak mereka sendiri saat datang ke rumah, sangat dihargai oleh anak. Kebaikan seperti itu akan terus dibawa anak sampai dewasa, di mana dia akan memperlakukan setiap orang yang ditemui dengan rasa hormat, seperti yang dilakukan ibunya.

Mengajarkan pekerjaan rumah tangga
Meski awalnya mungkin anak malas-malasan saat diminta membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga, tetapi saat anak sudah mulai hidupnya sendiri, ilmu yang diajarkan oleh ibu itu akan sangat berharga.

Kalau Anda, hal kecil apa yang dilakukan ibu yang Anda rasakan sangat berarti saat sudah dewasa? Please, share with us.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *